20160405AIRO1

[ Oleh : Andri Saputra ]

 

Kebaktian Paskah untuk youth and teens GKI Gading Serpong dilakukan di aula SD Kristen BPK Penabur Gading Serpong pada Minggu, 27 Maret 2016, pukul 05.00 WIB. Acara yang dihadiri lebih dari 200 youth and teens ini berupa Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR), dipimpin oleh Benedictus Arya Dewanto, dengan mengambil bacaan dari Yoh 20:1-10.

 

Dalam ayat bacaan tersebut, dikisahkan ada tiga tokoh, yaitu: Maria Magdalena, Petrus dan “murid lain yang dikasihiNya” (Yohanes). Masing-masing tokoh mempunyai pengalaman unik dengan Tuhan Yesus. Maria Magdalena dulunya adalah seorang pendosa yang dosanya diampuni oleh Yesus. Saat penyaliban Tuhan Yesus, Maria Magdalena hadir dan turut menyaksikan wafatnya Yesus di kayu salib.

Kedua rasul mempunyai cerita yang berbeda. Petrus adalah murid kesayanganYesus yang diberi tugas untuk menjadi Bapak Gereja. Namun di sisi lain, dia menyangkal bahwa ia adalah murid Yesus, sebanyak tiga kali. Dia tidak menyaksikan wafatnya Yesus seperti Maria Magdalena. Yohanes berada sangat dekat dengan Yesus saat wafatNya. Yesus bahkan memperkenalkan Yohanes pada ibuNya.

Namun ketiga tokoh ini mempunyai satu kesamaan: mereka belum mengerti bahwa Yesus akan bangkit dari kematian, seperti yang sudah dituliskan dalam Kitab Suci. Ketika Maria Magdalena melihat batu kubur sudah tidak ada di tempatnya, tidak terlintas pada pikirannya bahwaTuhanYesus sudah bangkit. Begitu pula dengan kedua rasul yang melihat kubur yang kosong, mereka tidak memahami apa yang sesungguhnya terjadi.

Maka dari itu, kita perlu membuka pemikiran kita secara lebih luas. Banyak hal yang selama ini kita anggap benar mungkin saja salah, begitu pula sebaliknya. Selain itu, kita juga perlu merefleksikan perilaku dan sikap kita. Apakah kita sudah benar-benar menjadi pengikut Yesus? Jika belum, maka kita perlu lebih mendekatkan diri dengan Allah agar kita dapat menjadi pengikut setiaNya.

 

20160405AIRO2  20160405AIRO3

Artikel Terpopuler

  1. Covid 19: Sampai Titik Akhir!

    Information
    Dibaca: 681 kali
  2. Seandainya ini adalah Jejak Terakhir

    Information
    Dibaca: 228 kali