Warta Jemaat GKI Gading Serpong, Minggu, 5 Juni 2022

Bacaan Alkitab : Yohanes 14:15-31

Selama tiga setengah tahun Tuhan Yesus bersama murid-murid-Nya. Selain mengajarkan dan membimbing mereka, Ia juga menjadi teman dan penolong bagi mereka.  Tapi Ia tahu, bahwa Ia segera akan meninggalkan mereka.  Pada saat itu Ia berkata kepada murid-murid-Nya, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong (Parakletos) yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya” (Yoh. 14:16). 

   Tuhan Yesus, yang sudah tiga setengah tahun telah menjadi Parakletos, Penolong dan Teman bagi para murid, berkata kepada mereka, “Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku akan datang kembali” (Yoh. 14:8). Tentang perkataan Yesus “Aku akan datang kembali”, ada komentator yang menafsirkannya sebagai “kedatangan Tuhan Yesus yang kedua”, ada juga yang menafsirkannya sebagai “penampakan diri-Nya setelah kebangkitan-Nya”, tetapi bila melihat konteks perkataan itu diucapkan-Nya, hal ini lebih menunjuk kepada kedatangan-Nya kembali di dalam pribadi Roh Kudus, yang akan tinggal di dalam mereka (bd. Yoh. 14:16-17, 19-20). Murid-murid Tuhan Yesus tidak akan ditinggalkan sendirian, tetapi Ia akan mengutus Roh-Nya untuk tinggal bersama mereka dan di dalam mereka.  Roh Kudus disebut juga sebagai Roh Allah dan Roh Kristus (Rm. 8:9)

               Roh Kudus diutus oleh Bapa dalam nama Yesus (Yoh. 14:26a). Dialah yang akan mengajarkan kebenaran kepada para murid dan juga mengingatkan akan semua yang telah dikatakan Tuhan Yesus kepada mereka (Yoh. 14:26b). Dialah yang akan menolong mereka di dalam menjalani kehidupan dan pelayanan, serta memberikan penghiburan di saat menghadapi kesulitan dan penderitaan.  Roh Kudus, yang disebut sebagai Roh Kebenaran (Yoh. 14:17), Penolong (Yoh. 14:16), dan Penghibur (Yoh. 14:26), akan senantiasa tinggal bersama dan di dalam murid-murid Kristus, yaitu semua orang yang percaya kepada-Nya dan mengikut Dia.

Pdt. Andreas Loanka

Warta dan Renungan Terpopuler