Pada hari Senin, 29 Mei 2023, Pk. 18.00 WIB, di Aula SMAK Penabur lantai 6 dilaksanakan kebaktian peneguhan Pdt. Danny Purnama untuk penugasan di GKI Gading Serpong. Ibadah dibuka dengan penatua mengajak jemaat bangkit berdiri sambil menyanyikan lagu “Tuhan Allah Hadir,” mengiringi para pendeta memasuki ruangan ibadah. GKI Gading Serpong bersyukur karena Pdt. Danny Purnama telah bersedia dipanggil untuk melayani, bersekutu, menjalankan misi Allah dalam membimbing jemaat GKI Gading Serpong. Kemudian ibadah dilanjutkan dengan pujian “Lihatlah Sekelilingmu” dari KJ 428:1, 2, dan 6.

Firman Tuhan diambil dari Roma 8:28 yang berbunyi, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Khotbah dibawakan oleh Pdt. Darwin Darmawan dari sekretariat Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah (BPMSW) GKI Sinode Wilayah (SW) Jawa Barat. Dalam khotbahnya, Pdt. Darwin menyatakan, bahwa manusia sering kali merasa kecewa, marah, frustasi, malas dalam melayani Allah, hingga cenderung ingin menarik diri dari pelayanan. Namun Allah tetap bekerja, walaupun manusia tidak sungguh-sungguh melayani-Nya secara maksimal. Menarik. Apakah Allah hanya bekerja dalam kondisi yang sempurna? Ada tiga poin penting yang bisa kita tarik dari ayat ini:

1. Allah turut bekerja dalam segala hal

Allah sedang bekerja dan kita turut berpartisipasi. Artinya Allah adalah pemeran utama, dan bukan sebaliknya. Misi kita sebagai umat Tuhan adalah berpartisipasi terus-menerus dalam pekerjaan Allah. Pekerjaan, studi, rumah tangga, bisnis atau pelayanan, dan semua proses kehidupan haruslah melibatkan Allah.

2. Segala sesuatu bertujuan untuk mendatangkan kebaikan

Arti dari “segala sesuatu” di sini adalah proses kehidupan yang tidak selalu mulus, tak berliku, selalu nyaman, dan tanpa hambatan. Kata “kebaikan” di sini dimaknai sebagai kerangka, supaya kita betul-betul berelasi dengan Allah, berproses untuk semakin mengenal-Nya. Tak selalu kita menemukan semua hal berjalan dengan baik, namun semua ujian yang dilalui membuat kita semakin serupa dengan Kristus. Bukankah itu tujuan gereja?

3. Allah turut bekerja jika kita sungguh berkarya

Orang yang mau berkarya bagi Allah adalah orang yang mengasihi Allah dengan sepenuh hati. Jika mengasihi, pasti kita akan memberikan yang terbaik. Allah turut bekerja kala kita sungguh berkarya. Kalau yakin itu adalah pekerjaan Tuhan, pastilah Tuhan akan menolong kita. Dalam keadaan buruk sekalipun, Allah tetap ingin kita merasakan kebaikan-Nya. Kita diminta mengasihi-Nya dengan total, sebagaimana Dia pun mengasihi kita dengan sempurna.

Setelah penyampaian firman Tuhan, paduan suara gabungan mempersembahkan pujian berjudul “Grace Alone,” dilanjutkan dengan doa syafaat. Proses peneguhan pun dimulai. Seluruh pendeta yang hadir diundang untuk maju ke depan untuk meneguhkan Pdt. Danny Purnama. Setelah acara selesai, jemaat meninggalkan ruang ibadah sambal bersalaman, dan mengucapkan selamat pada Pdt. Danny Purnama atas peneguhannya.