Psikologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku manusia dan proses mental yang mendasarinya.

Ilmuwan Psikologi adalah sebutan bagi orang yang mengambil pendidikan S1/S2/S3 Psikologi, namun tidak mengambil pendidikan Profesi Psikolog. Ilmuwan Psikologi diarahkan untuk dunia pendidikan dan praktisi, namun tidak untuk membuka jasa praktek.

Psikolog adalah sebutan bagi orang yang mengambil pendidikan S1 Psikologi dan Profesi Psikolog (S2) dalam pilihan spesialisasi tertentu : Klinis Dewasa, Klinis Anak, Industri & Organisasi, Pendidikan ataupun Sosial. Psikolog diarahkan untuk membuka jasa praktek.
Keterangan lengkap bisa dilihat di : www.himpsijaya.org


Psikolog : Pendidikan dari Fakultas Psikologi, memiliki spesialisasi seperti Industri, Klinis Dewasa, Anak, Perkembangan, Pendidikan, Sosial, dsb.
Menangani individu yang ingin menjaga kesehatan psikisnya dan mengenali potensi dirinya agar bisa hidup dengan sejahtera.

Psikiater : Pendidikan dari Fakultas Kedokteran (dokter), yang mengambil spesialisasi kesehatan jiwa. Menangani individu yang mengalami gangguan perilaku, psikis, atau saraf dan membutuhkan terapi yang melibatkan pengobatan medis.