Sebagai wujud rasa syukur atas kasih penyertaan Tuhan, pada hari Sabtu, 12 November 2022, Komisi Dewasa Wanita berkunjung ke Rumah Perawatan Usia Lanjut Kristen (RPUK) Muara Kasih di Bilabong, Bogor. Kegiatan ini bertujuan mengajak jemaat wanita untuk memaknai kasih Tuhan lewat kepedulian terhadap sesama, dan memiliki hidup yang berdampak nyata bagi lingkungan sekitar.

Berbagai persiapan sudah dilakukan sejak bulan September: mulai dari penyusunan panitia kecil, survei lokasi, sampai pengupayaan dana. Para jemaat wanita juga diajak terlibat langsung dalam pembuatan hiasan Natal, yang akan digunakan sebagai dekorasi di panti, juga akan diberikan sebagai kenang-kenangan kepada para opa-oma penghuni RPUK. Puji Tuhan, jemaat wanita merespon kegiatan berbagi kasih ini dengan sangat antusias.

Karena masih dalam situasi pandemi dan mempertimbangkan kondisi para oma dan opa yang rentan sakit, pihak RPUK membatasi kunjungan. Pada hari H, sebanyak 36 orang yang terdiri dari pendeta, pengurus, dan beberapa jemaat wanita yang telah mendaftar sebelumnya, datang langsung ke RPUK dengan menggunakan bis dan mobil pribadi. Adapun barang-barang yang dibawa untuk diserahkan berupa: popok, shampoo, tissue, minyak kayu putih, kacang hijau, konsumsi snack, dan makan siang untuk para penghuni dan pengurus.

Sampai di RPUK Muara Kasih, KDW langsung disambut hangat oleh pihak pengurus RPUK dan para oma dan opa, yang sudah siap dengan seragam merahnya. Sebelum ibadah dimulai, jemaat wanita berkenalan sambil membagikan snack kepada para oma dan opa, serta menghias aula.

Dalam rangkaian ibadah, para oma dan opa berkesempatan membawakan pujian, menari bersama jemaat wanita, dan berbagi cerita mengenai penyertaan Tuhan. Renungan dipimpin oleh Pdt. Andreas Loanka. Sebagai pemimpin pujian adalah Ibu Philia Mustika (Korbid. Persekutuan Wanita). Dalam renungannya, Pdt. Andreas Loanka mengajak semua yang hadir untuk bersukacita dalam segala hal dan tidak kuatir, karena Tuhan selalu beserta kita. Pengurus KDW juga berkesempatan untuk menyanyikan lagu tema “Emmanuel has Come”. Ibadah pun berlangsung dengan khidmat, dan semua dapat merasakan sukacita melalui keakraban yang indah. Ada rasa haru dan bahagia yang dirasakan oleh para jemaat wanita saat mendengarkan cerita serta mendoakan para oma dan opa. Jemaat wanita juga sangat terkesan dengan semangat para oma dan opa dalam menari dan memuji Tuhan.

Sebagai penutup, Ketua KDW, Ibu Stevannie S. Mulyani menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pihak pengurus RPUK, yang diwakili oleh Ibu Vonny Kawalo. “Ini merupakan kunjungan besar perdana untuk kami di RPUK Muara Kasih semenjak pandemi. Para oma dan opa sangat merindukan adanya kebersamaan seperti ini. Terima kasih atas kunjungan dan kepedulian dari KDW GKI Gading Serpong,” tutur Ibu Vonny. Di penghujung acara, para oma dan opa bercakap-cakap dan berfoto bersama dengan beberapa jemaat wanita. Salah satu oma yang diwawancarai panitia mengatakan, bahwa beliau senang sekali dapat beribadah bersama jemaat wanita, dan berharap kelak KDW dapat berkunjung lagi dan bersukacita bersama mereka. Para oma dan opa terlihat sangat menikmati kehadiran jemaat wanita GKI Gading Serpong.

Rangkaian kegiatan di RPUK Muara Kasih selesai sebelum jam makan siang. Setelah berfoto dan membuat video bersama, jemaat wanita pamit pulang. Sebelum kembali ke Gading Serpong, rombongan singgah di R.M. Mang Kabayan untuk menikmati makan siang.

Kiranya apa yang sudah KDW lakukan dapat membawa sukacita bagi para oma dan opa di RPUK Muara Kasih Bilabong, dan jemaat wanita juga semakin giat dalam melayani Tuhan dan sesama.

“.. For God is with us, and we celebrate the Glory of His presence, Christ has come to fill our hearts with love ... God with us ... Emmanuel has Come” (Don Moen).